Para Peserta sedang belajar membuat artikel. Dokumentasi oleh Tim PUSPINDES,
Para Peserta sedang belajar membuat artikel. Dokumentasi oleh Tim PUSPINDES,
Para Peserta sedang belajar membuat artikel. Dokumentasi oleh Tim PUSPINDES,

Senin(12/2),Desa Wanarata yang diwakili Perangkat desa mengikuti Optimalisasi Webside Desa di Pendopo Kecamatan Bantarbolang, Acara pelatihan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan DINPERMASDES kabupaten Pemalan dan Tim Puspindes sebagai pengisi materi.
Acara ini dihadiri oleh 7 desa dari Kecamatan Bantarbolang, adapaun ketujuh desa tersebut antara lain :

  1. Sumurkidang
  2. Sambeng
  3. Pedagung
  4. Wanarata
  5. Purana
  6. Sarwodadi
  7. Pabuaran

Acara pagi itu dibuka oleh Andi selaku kasie PMD Kecamatan Bantarbolang dan dilanjutkan sambutan oleh Indarto kasie PID DINPERMASDES Kab. Pemalang. kemudian pada acara inti dibawakan oleh dengan Tim PUSPINDES dengan materi Jurnalisme warg atau Citizen Jurnalism.

Indarto menghimbau agar ketujuh desa yang hadir di acara tersebut dapat mulai aktif untuk mengelola website desanya masing-masing.

“Bubernur  (Jawa Tengah) sudah menginstruksikan agar seluruhdesa memiliki websaite dan aktif dikelola. Pada rakor Kades bulan Desember 2017 Bupati menyatakan bahwa keaktifan sistem informasi desa (salah satunya website desa) menjadi salah satu syarat untuk pencairan dana BKKD” Ujar Indarto pada saat memberikan sambutan.

Untuk diketahui Pelatihan Optimalisasi Website Desa ini merupakan program DINPERMASDES  dengan PUSPINDES  yang telah berlangsung sejak tanggal (15/01/2018).

Selain itu, seluruh desa di Kabupaten Pemalang (211 desa) sudah memiliki Website desa masing-masing, namun yang aktif dikelola hanya 10% saja. Di Kabupaten Pemalang sendiri setiap tahunnya juga diadakan lomba Website desa yang pada tahun ini sudah menginjak tahun ke-3, gelaran tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada para admin desa yang sudah aktif mengelola website desanya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *