SEJARAH DESA

   Wanarata merupakan sebuah desa yang sekaligus dibentuk menjadi ikon dan simbol kepada dukuh disekitarnya, dan juga dibentuk menjadi pusat kelurahan desa. Sekitar tahun 1932 di desa ini masih menganut nasihat hindu, selanjutnya dengan datangnya Syeh Gribig, Mbah Nurul Salam, Mbah Soma, Mbah Gudang, Mbah Sirut, Mbah Anggrek mereka mengajarkan pengetahuan islam disekitar desa wanarata. Alhasil masih sedikit sekali yang memeluk agama islam didesa ini. Selanjutnya mereka melakukan siar dan membangun masjid di desa wanarata.

Wanarata adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan bantarbolang, kabupaten pemalang, propisi jawa tengah. lokasi wanarata terletak di pemalang bagian selatan yang termasuk dataran tinggi dan banyak pegunungan. kata wanarata itu sendiri berasal dari bahasa jawa yaitu kata wana yang artinya hutan dan rata artinya rata jadi wanarata berarti hutan datar.

Mayoritas penduduk desa wanarata adalah suku jawa dan sekitar 95% adalah orang asli wanarata,dan sisanya adalah suku sunda dan sedikit chinese.penduduk wanarata mayoritas berkerja di sektor pertanian,industri kecil,peternak,pegawai negri sipil atau swasta,dan pedagang yang didominasi oleh pendatang dari desa lain atau bahkan suku lain